Sunday, April 30, 2006

[TENTANG] VENEZUELA;Revolusi yang unik

Membantu untuk memahami proses revolusi yang harus lebih ditinjau sebagai marathon daripada lomba lari 100 meter.
Oleh Marta Hamecker
Diterbitkan 16/09/03

Makalah seminar sosial forum dunia ketiga 24 Januari 2003
Diterjemahkan oleh: Mariacarla Bassegio
Diterbitkan resmi oleh www.rebelion.org
1. Hugo Chavez Frias- seorang militer yang mencoba untuk menyingkirkan Presiden Carlo Andres Perez yang korup dari jabatannya pada Februari 1992 oleh pemberontakan militer dengan bantuan sipil-menang pada pemilihan presiden Republik enam tahun kemudian, dengan suara mayoritas sebanyak 56%.
2. Meyakini bahkan sebelum pergolakan itu, bahwa dasawarsa lama negara yang mengalami krisis struktural mendalam, tidak bisa dipecahkan kecuali dengan revolusi sosial yang sejati, dia memutuskan memulai proses revolusinya dengan sidang pemilih untuk merubah korupsi dan ketidak efisienan politik dan struktur resmi negara, dan menggunakan hukum baru dalam pekerjaannya—memakai transformasi ekonomi dan politik yang diperlukan negara.
3. Hal ini dia coba pada februari 1992 dengan sebuah insureksi, yang tidak sama seperti pemberontakan militer, Karena dia tidak pernah kehilangan pandangan terhadap partisipasi rakyat yang dibutuhkan. Usaha tersebut gagal dan dia dikirim ke penjara, tetapi baik kemudian dan sesudahnya, selama perjalanan ke seluruh negeri, dia selalu memikirkan rakyat dan bagaimana menyelenggarakan pemberontakan baru. Setelah itu, bagaimanapun juga, dalam pandangan realitas baru negaranya, dia memutuskan untuk mengambil bagian dalam pemilihan. Dia menyimpan cita-cita strategisnya pada panggilan pekerjaan perkumpulan pemilih. Hal yang berubah hanyalah taktiknya.
4. Dia adalah proses Sui generis (unik, aneh, di kelasnya sendiri): benar-benar cacat di media dan tidak dipahami oleh yang lainnya karena melanggar semua pola sebelumnya.: pertama, ini adalah kemenangan mutlak chavez dalam pemilihan, menyusul langkah institusional dalam kedengkian semua profokasi yang dilancarkan oleh oposisi. Kedua, telah digolongkan secara ideologis sebagai sebuah proses yang tidak tegas, karena daripada mengadopsi Marx sebagai tuntunan ideology, memilih Bolivarian. Ketiga dipimpin oleh seorang militer yang cukup berani memajukan pergolakan militer melawan rezim, dengan bantuan berbagai anggota militer di dalam pemerintahan. Keempat dia adalah seorang militer yang populis/merakyat. Kelima dia tidak memiliki partai sebagai ujung tombak proses perjuangannya. Keenam dia sudah tidak mampu menghapuskan korupsi, satu dari cita-cita utamanya dalam perjuangan. Ketujuh Dia belum juga memperlihatkan perubahan penting dalam ekonomi, dan dia adalah pembayar setia hutang negara.
5. Dalam pandangan semua ini. Dapatkah seseorang mendefinisikan sebagai proses revolusi? saya kira bahwa apa yang terjadi di Venezuela akan lebih mudah untuk dipahami jika kita menganalisa keberatan ini , dan hal ini akan menjadi bukti lebih kenapa saya percaya proses Venezuela adalah sebuah revolusi.
1. PEMILIHAN PEMERINTAH SECARA DEMOKRATIS
1) BAGAIMANA MENCIPTAKAN DUKUNGAN OPINI PUBLIK
6. Chaves memutuskan masuk pada pemilihan presiden 1998 dalam kemarahan dari kenyataan bahwa dia kekurangan semua alat ekonomi atau tempat di media massa-dia bahkan telah mengkonsolidasikan partai politik, sejak Mevimiento V Republica mewakili Chavez, telah diorganisir, dengan tujuan khusus: proses pemilihan. Banyak orang mengira dia hanya bermimpi
7. kelemahan ini, bagaimanapun juga, ini diimbangi dengan tokoh berkharisma, bahwa negara pertama melihat di TV nasional setelah 1992 gagal pada pemberontakan militer, ketika dia secara umum bertanggungjawab- semua ini dalam sebuah negara tidak pernah ada pemimpin politik yang punya keberanian untuk menerima sikap seperti itu. Dia mengambil tanggungjawab dan mengucapkan kalimat terkenalnya: Untuk Sementara!, secara jelas mengatakan pada pengikutnya bahwa dia belum menyerah pada perjuangan.
8. sikap ini menciptakan dukungan opini publik terhadapnya dan pekerjaannya, di sebuah negara yang skeptis baik politik dan politisinya menyerap sektor masyarakat, termasuk sektor menengah.
2) TIDAK ADA PEMERINTAHAN SEBELUMNYA YANG PERGI LEWAT BERBAGAI PERUNDINGAN DEMOKRATIK
9. sebagaimana telah kami terangkn, dia memenangkan pemiulihan presiden dengan mayoritas terbanyak. Setelah dia melewati lima perundingan, terbukti di tempat pemungutan suara bahwa dia dapat menghitung kekuatan dukungan rakyat: referendum sebagai panggilan perkumpulan pemilih, pemilihan dari anggota sidang konstituante, referendum untuk memebuktikanundang-undamng dasar baru, pemilihan untuk menguatkan kembali mandate presiden, anggota dari dewan nasional, gubernur, walikota, anggota dewan kotapraja, dewan paroki, dan pemilihan untuk pengurus direktur confederacion de Trabajadores de Venezuela (CTV).
10. Pengecualian untuk kasus terakhir, dimana terdapat banyak tindakan yang tidak teratur (direktur dewan CTV saat ini, mengumumkan sendiri pemilihannnya, tapi tidak pernah dipublikasikan dokumen terkait untuk membuktikannya), dari semua pemilihan republic Movimiento V menang dengan mayoritas terbesar.
11. Tapi tuduhan yang dibutuhkan untuk demokrasi, oposisi saat ini ingin merubahnya dari sebuah kantor seorang laki-laki yang memenangkan enam kali perundingan demokratik: empat pemilihan dan dua referendum. Tidak pernah sebelumnya dalam sejarah sebuah negara dngan rezim politik diajukan dalam sekian banyak perundingan politik.
2.IDEOLOGI TIDAK DIKETAHUI?
12. Secara ideology, ini mempertimbngkan proses yang tidsak teridentifikasi, karena marxisme bukan sebuah panduan ideology. Hal ini harus dijelaskan, bagaimanpun juga, gerakan keras tersebut bukanlah Marxist, tapi juga bukan anti Marxist.
13. chavez mencoba utnuk mendasarkan proyeknya pada akar ide dalam tradisi nasional. Dia terinspirasi oleh tiga tokoh utama : Simon Bolivar, Simon Rodriguez, dan Ezequiel Zamora.
14. ini adalah sebuah logika untuk revolusi yang dibawa pada abad 21 untuk menemukan inspirasi dalam laki-laki hebat dari abad 19? Kenyataannya hari ini, beberapa ide mereka masih dipakai di Venezuela.
15. Bolivar, tokoh paling terkenal dalam perjuangan di Amerika Latin untuk memerdekakan diri dari Spanyol. Tidak pernah mengatakan tentang perjangan kelas tapi dia merujuk pada kepentingan utnuk menghapuskan pernudakan dan kepercayaannya selalu membawa sektor rakyat dalam hitungannya. Barangkali, kontibusi terpentingnya dengan memahami bahwa Amerika Latin harus terintegrasi. Juga dalam waktunya sendiri dia memahami bahwa tidak ada masa depan untuk Amerika Latin kedepannya untuk negara kami kecuali mereka mau menghadapi salah satu atau kedunya, baik Amerika Serikat atau negara-egara Eropa. Di pertengahan kedua abad 19, dia telah meramalkan bahwa Amerika serikat tepatnya di Amerika Utara, memperlihatkan takdirnya dengan tanda-tanda kekuasaan Tuhan dengan penderitaan ats nama Kebebasan. Di sisi lain filosofi politik Bolivar, mengkonsepsikan demokrasi sebagai sistem politik yang bertanggungjawab karena memberikan rakyat jumlah kebahagiaan yang paling besar. Dan dia juga percaya bahwa seorang militer tidak akan pernah boleh melawan rakyatnya sendiri.
16. Simon Rodriguez, seorang guru dan juga teman bagi Bolivar,dia juga seorang ilmuwan bagus dan seorang reformis sosial.
Dia dengan kuat membela keaslian Amerika Latin kami , susunan multi-ethnisnya, dan keperluan untuk mengintegrasikan orang pribumi dan budak hitam ke dalam batasan masa depan masyarakat. Dia sangat mendukung penciptaan institusi asli yang mengambil pada realitas kita. Dan dia menolak solusi eropa yang tiruan, meyakini bahwa “lebih baik kami menciptakan atau kami keliru.”

17. Ezequiel Zamora adalah seorang jenderal liberal yang berjuang melwan konservatif selama perang federal 1850. Dia menganjurkan perang total melawan oligarki dan distribusi tanah kepada buruh tani.

18. Kami kemudian bisa melihat bagaimana laki-laki ini merupakan inti ideology demokratis yang membela kedaulatan nasional, dengan anti-imperialis dan anti-oligarki berada, keharusan itu tak ada keraguan untuk diperkaya dan bertambah baik tetapi itu sudah diilhami dengan rentetan gagasan pokok untuk mengadakan proses revolusioner.

3. HAL-HAL YANG LAIN DARI ANGKATAN BERSENJATA
19. Beberapa orang menolak proses revolusioner Bolivarian karena mempunyai seorang pemimpin militer dan karena peran luar biasa dimainkan oleh militer di banyak lembaga Negara Bagian dan dalam rencana pemerintah.

20.Mereka mengatakan militer mengambil bagian di korps penindas Negara Bagian yang borjuis, bahwa mereka diserap oleh ideologi borjuis, bahwa tidak ada cara untuk menyelamatkan mereka. Saya percaya ini adalah sikap yang sangat kaku dan bahwa kami tidak bisamengeneralisir situainya–lebih baik, kami harus menganalisa masing-masing kasus perseorangan yang ada dikorps bersenjata berpartisipasi di dalam Negara Bagian.

21. Tentara Chile yang memimpin pemberontakan(Coup d’Etat) melawan Allende tidak dapat dibandingkan dengan tentara Venezuela, karena dimulai dengan generasi Chávez’, tidak pernah melatih kadernya di Sekolah untuk Amerika, tetapi di Akademi militer Venezuela, kemudian secara hebat sudah berubah. Pemanggilan rencana Andrés Bello memberinya kedudukan di perguruan. Kader tentara mulai belajar ilmu-ilmu politik, belajar mengenai pendahulu mereka yang dipercaya dalam demokrasi, belajar menganalisis realitas venezuela. Banyak dari anggota militer tersebut menyelesaikannya dengan menjadi seorang spesialis dalam berbagai subjek di tingkat perguruan tinggi dan mereka mulai bertukar pikir dengan mahasiswa universitas lain.

22. Mereka belajar Clausewitz di kelas strategi militer, bersama dengan ahli siasat Asia seperti Mao Tse Tung, dan Chávez sangat terkesankan oleh sebagian dari gagasan Mao, khususnya waktu dia menyatakan bahwa pasukan moral lebih penting daripada senjata teknologi canggih yang mana pun; atau bahwa rakyat adalah tentara sebagaimana air kepada ikan.

23. Generasi ini bangkit ketika negara hampir saja menemukan kedamaian, ketika sangat sedikit kelompok gerilya telah bertahan, jadi tidak perlu berjuang melawan mereka, tapi lebih baik, ketika mengunjungi daerah pedesaan dimana para gerilya ditemukan menjadi pengungsi, terlebih lagi para gerilyawan menemukan kemiskinan yang luar biasa yang merja lela disana. Menyatakan ideologi borjuis di negara kami mau meyakinkan kami bahwa orang-orang miskin adalah miskin karena mereka adalah pemabuk, karena mereka kekurangan inisiatif dan kemauan untuk bekerja, karena mereka tidak cerdas, dan ideologi ini secara umum menyerap kedalam angkatan bersenjata kami; tetapi anggota militer Venezuela dapat melihat bahwa dibalik kemiskinan berdiri sebuah oligrki Venezuela, memusatkan kekayaan, dan Amerika Serikat, yang kehilangan kerjaannya untuk menyebarkan kemiskinan.

24. Sampai di batas dengan peleton-peleton mereka, beberapa kader militer muda akan memberikan rangsum mereka dengan orang miskin daerah.

25. Dalam Angkatan Bersenjata Venezuela, dalam sisi lain, belum pernah ada kasta militer seperti yang dipunyai negara lain. Anak lelaki keluarga-keluarga yang sangat miskin, dari daerah pedalaman atau dari kota, bisa mengisi pos tinggi dalam korps militer.

26. Tambahkan pada keributan yang dibangkitkan oleh Caracazo untuk generasi Chávez’. Mereka menolak untuk dipakai sebagai alat penindasan. Beberapa pimpinan yang menolak dengan sungguh-sungguh untuk mempergunakan tentara mereka untuk menindas orang. Saya mewawancarai seorang militer yang mengatakan kepada saya bagaimana dia sudah mengambil keputusan untuk mengorganisir merampok pasar swalayan ketika dia melihat orang lapar menyerangnya. Dia mengatakan kepada orang mengorganisir di antrian-antrian: satu untuk yang suka untuk daging, satu untuk yang suka beras, antrian lain untuk produk susu olahan–tapi tak seorang pun bisa mengambil mesin kasir yang mana pun, karena orang itu tidak memerlukan hal itu semua, mereka sebetulnya akan menerima keuntungan situasi dengan mencuri.

4. MEMBANGUN ANGKATAN NASIONAL DAN INTERNASIONAL
27.Anda tidak bisa mengerti proses Venezuela jika anda tidak memandang konteks dunia. Hari ini korelasi angkatan perang sangat negatif bagi angkatan perang progresif dunia: kekalahan sosialisme di negara Timur, teristimewa di Rusia, sudah menghapuskan camp sosialis, dengan seluruh simbolisnya dan prakteknya yang berat, dan Amerika Serikat sudah menjadi kekuatan militer dunia pertama, dan sejak itu tidak mempunyai rekan yang seimbang, hal itu sekarang bisa mengorganisir petualangan militer dalam kebencian pendapat dunia. Situasi yang sangat berbeda disebarkan di dunia ketika revolusi Kuba tiba ke dalamnya, atau ketika Allende menuntun proses Chile ke depan.
1) MEMBANGUN SEBUAH ANGKATAN INTERNASIONAL
28.Sadar bahwa dia tidak bisa menuntun revolusi sosial yang terisolasi dalam korelasi dunia angkatan perang, hal pertama yang dilakukan pemimpin Bolivarian dalam mengambil alih Republik ialah membuat angkatan perang internasional untuk mendukung proses Bolivarian. Dia sudah menganjurkan beberapa gerakan integrasi Amerika Selatan dan Karibia untuk mengkonsolidasikan posisi kesatuan; dia mempunyai hak-hak hubungan istimewa Venezuela dengan mitranya dalam Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC), dan sudah mulai menjalin hubungan dengan pusat kekuatan dunia lainnya, seperti India, Rusia dan Cina, sementara memperkuat taliannya dengan bangsa lain yang muncul, seperti Kelompok 15 negara untuk kerjasama Selatan Selatan, dan Kelompok 77 , yang sekarang termasuk lebih dari 120 negara yang sedang berkembang. Di selatan belahan bumi Chávez sudah membuat persekutuan dengan Brasil untuk menentang ALCA dan sudah menjadi seorang anggota Mercosur.

29.Lebih baik daripada ALCA dia sekarang menyatakan ALBA (DAWN): Alianza Bolivariana para las Américas (Aliansi Bolivarian untuk Amerika).

30.Untuk memperlihatkan kemauannya untuk bekerja sama, dia juga sudah berjanji untuk memberikan sebelas Central American dan negara kepulauan Karibia status istimewa untuk menjual minyaknya, dan dia mengetatkan talinya dengan kuba.
2) MEMBANGUN SEBUAH ANGKATAN INTERNAL
a) Bermacam-macam korelasi dalam lembaga
31.Setelah izin Undang-undang Dasar baru, terimakasih untuk pemilihan berbeda yang memberi amanat sebuah legitimasi baru, Chávez dapat memulai pemerintahnya dengan mayoritas cukup di Perkumpulan Nasional; dengan gubernur yang mendukung proyeknya di sebagian besar negara bagian Venezuela; dan dengan lembaga hukum yang siap melaksanakan Undang-undang Dasar baru. Tetapi situasi ini sudah berganti dengan kemajuan proses revolusioner, sebagaimana kita lihat di kelak kemudian hari.
b) Kelemahan organisasi dalam persoalan sosial dan politik
32. Proses dimulai ke luar sangat lemah di dalam lingkungan organisasi rakyat. Dibandingkan dengan Allende di Chile atau Lula di Brazil, dengan konsolidasi partai kiri dan kekuatan sosial serta gerakan perserikatan perdagangan. Partai kiri Venezuela cukup kuat. Movimiento Revolucionario Bolivariano 200 (MBR-200) itu sendiri, didirikan oleh Chavez pada tahun 80-an, mempunyai sekelompok anggota yang sangat kecil; dan Movimiento V República, didirikan hanya sekedar berpartisipasi pada pemilihan presiden tahun 1998, itu adalah partai pemilihan yang tumbuh seperti sebuah longsoran salju yang dibawa bersamanya dengan bermacam kaum oportunis yang tahu bahwa mereka akan dipilih hanya jika bergabung dengan Chavez. Negara tidak punya gerakan sosial apapun yang menguat: baik gerakan di lingkungan rakyat, tidak pula gerakan perserikatan perdagangan yang bisa menjadi mandiri, dan selama limapuluh tahun terakhir mereka selalu mengandalkan kekuatan pada partai, adalah Acción Democrática or COPEI.

c) Panggilan untuk mengembalikan MBR-200 dan menggiatkan kembali Círculos Bolivarianos.
33.Sadar akan bakat lemah ini dan keperluan mutlak sebagai alat politik efisien bagi ke-4.pelaksanaan programnya, dan dalam memajukan secara khusus organisasi rakyat untuk menyalurkan dukungan yang sangat besar dari penduduk Venezuela kepada pemerintahannya, pada 7 Mei 200, Chavez mengumumkan kepada masyarakat keperluan untuk mendirikan kembali Movimiento Revolucionario Bolivariano. Dan dia masih juga melancarkan inisiatif: bahwa “círculos bolivarianos,” memanggil semua orang, dalam keadaan apapun, untuk mengorganisir dalam kelompok kecil dan membuat undang-undang dikenal, menerima beberapa tugas kongkrit: memecahkan suatu masalah di dalam suatu lingkungan masyarakat, menciptakan kerjasama, mendapatkan kredit dari bank, dll.

34.Rupanya, dia ingin MBR-200 untuk menjadi gerakan sebuah gerakan , mempersatukan tekanan sosial yang mengambil bagian dalam proses yang tidak perlu secara melawan dalam partai apa saja pada saat ini, dalam perintah untuk mengorganisir masyarakat sebelum transformasi terjadi, selama pemerintahan Movimiento República.

35. Menurut beberapa orang, dia harus
apa yang menjadi penting hari ini ialah kosong: gerakan rakyat dan sosial dengan kepemimpinan sentralisme demokratik, dimana kamu juga dapat menemukan keterwakilan dari mahasiswa, buruh tani, dan perempuan yang masih terpecah-pecah dalam kelompok-kelompok. Hal ini berarti persatuan rakyat dan gerakan sosial dalam hubungan timbal balik dengan sektor revolusioner yang lebih maju dan progresif. Tantangan terbesar MBR-200 akan menjadi jaminan adanya mayoritas terbesar (yang berperan) dan mengilhami proses ini dengan sebuah ideology dan kekuatan politik bersama dengan sebuah organisasi. (1)
36.Pemimpin Bolivarian ini mengetahui sepenuhnya keperluan ke mengorganisir orang, dan keperluan ini menjadi semakin nampak karena dia mulai kehilangan daerah kelembagaannya.
d) Pimpinan Politik Revolusi
37.Bersama dengan percobaan ini untuk mengorganisir penduduk, Chávez juga mencoba menegaskan satu pimpinan tunggal untuk proses: Pimpian Politik Revolusi. Dia singgah di anggota terkenal dari partai yang beraliran kiri dan menyebutkan Guillermo García Ponce, seorang mantan pemimpin komunis, di bagian depan perintah ini. Tetapi sebagai alasan akan menjadi sangat sulit untuk menjelaskannya disini, empat tahun setelah datangnya kekuatan, proses Bolivarian belum juga menjadi sebuah alat politik yang dibutuhkan untuk mengambil tantangan besar sebelumnya.
5. PROSES RADIKALISASI DAN KONSEKUENSINYA
a). Oposisi menjadi lebih radikal
38. Mungkin, cukup sedikit yang mengecam Chavez dari nasional maupun internasional yang hanya berharap untuknya untuk menghentikan semudah janji-janji yang diucapkannya, seperti halnya politisi Amerika latin yang begitu banyak lainnya; untuk undang-undang baru menjadi janji kosong; atau mereka akan dapat memebujuk lewat metode biasa: memberikan tekanan dan bermacam-macam bantuan.

39. Ketika mereka menyadari Chávez dapat baik disuap atau juga bertekad dan bahwa dia menentukan untuk memajukan proses revolusioner, mereka memutuskan untuk menggulingkannya lewat pemberontakan militer, yang dilancarkan pada Desember 2001, ketika pemerintah mengumumkan secara umum untuk pertam akalinya bahwa dengan dukungan dewan Nasional, akan mempengaruhi kepentingan ekonomi oligaki Venezuela dengan 49 undang-undang: undang-undang pertanahan, undang-undang perikanan, undang-undang karbohidrat, hukum kredit mikro, undang-undang koperasi.

40. Kami harus mengambil ke dalam hitungan bahwa oligarki Amerika Latin kami tidak punya apa-apa umumnya dengan sektor borjuis di negara-negara sebelah utara. Mereka tidak pernah berharap untuk melepaskan hak istimewa mereka yang manapun, dan emmebolehkan distribusi kekayaan yang lebih baik diantara penduduk, sebagaimana yang telah dilakukan borjuis Eropa. John Kennedy, Presiden dari partai liberal Amerika Serikat, secara jelas memahami bahwa satunya cara untuk mencegah revolusi kuba dari meluasnya di seluruh Amerika latin adalah dengan mengikuti jejak rencana untuk pembangunan dan distribusi kekayaan yang lebih baik di negara kita; Aliansinya untuk kemajuan, tetapi, gagal karena meyoritas oligarki kami tidak pernah menjawab pertemuannya-dan sampai sekarang mereka telah menolak untuk memberikan hak istimewa mereka.
b) Beberapa orang kehilangan jalan
41. Reaksi dari hak yang menakuti sebagian dari kawan Chávez’, termasuk Miquilena, operasi politiknya selama proses undang-undang dasar keseluruhan dan pemilihan melegitimasi mandatnya. Sejak presiden tidak menyokong dalam memenangkan oposisi dan sungguh-sungguh menetapkan untuk membawa proses revolusi kedepan, Miquilena menghentikan dukungannya- dan bahwa banyak orang yang telah disebut di berbagai lembaga sebagai terimakasih untuk pengaruhnya- dan menjadi slh satu pemimpin oposisi. Ini menjelaskan hubungan negatif Chávez’ dalam menekan kantor jaksa wilayah (sebagaian dari mereka merupakan lawannya); dalam pengadilan Mahkamah Agung (11 dari 20 hakim percaya tidak ada pemberontakan pada 11 April); dan dalam Dewan Pemilihan Nasional (5 orang melawan dia, satu orang mendukung pemerintah).
c) Insureksi Oligarki: Pemberontakan 11 April
42. Insureksi yang dilepaskan oleh oligarki pada Desember 2001 untuk menggulingkan Chávez dari kedudukannya menarik sektor menengah yang penting dari masyarakat dan beberapa dari sektor rakyat. Insureksi itu tidak dipimpin oleh partai tradisional-yang menghilang dari dunia politik selama proses pemilihan berlangsung—tapi oleh Fedecámaras ( sebuah perkumpulan dari majikan), the Confederación de Trabajadores de Venezuela (CTV), Hirarki tertinggi dari gereja katolik, dan Media, yang berperan peran penting dan luarbiasa sebagai organiser kolektif dari oposisi.

43. Setelah pemogokan yang gagal, pemberontakan militer menggulingkan Chávez dari kantor pada 11 April, 2002, dan mendudukkan Pedro Carmona, pegawai eksekutif Fedecámaras yang paling tinggi, di kursi presiden. Dia dengan segera memutuskan membuang Undang-undang Dasar baru dan melarutkan semua kekuatan publik, dan pengikutnya untuk memulai serangan fisik melawan pejabat Chávez’.

44. Dia disokong tak hanya oleh jenderal putschist tetapi juga oleh duta besar Spanyol dan AS.

Amerika Serikat dan El Salvador adalah satu-satunya pemerintah di dunia yang secara tergesa-gesa mengenali perampas kekuasaan.

45. Jenderal Medina Gómez, militer Venezuela’s dikirim di Washington, yang baru saja tiba pagi itu di Tiuna Fort, markas besar komando putschist, bersama dengan beberapa penasehat dari departeme pusat. (2) pada jam 9 malam. Militer Amerika Serikat dikirim di Venezuela dan penasehat-penasehatnya tiba di tempat ini. Sementara itu, radar angkatan udara mendeteksi tiga jejak di layer mereka: dua kapal perang dan sebuah helicopter datang dari Curacao: helicopter memasuki batas wilayah udara Venezuela.

46. Kemenangan lawan hanya berumur pendek. Beberapa jam kemudian, dengan berita bahwa chavez tidak mundur dan bahwa dia telah dipenjarakan, gelombang besar rakyat meninggalkan cerros mereka dan lingkungan tempat tinggal masyarakat untuk ke barak-barak dan Miraflores, istana presiden, menuntut kembalinya presiden meraka. Kurang dari 48 jam masyarakat banyak, bersama dengan mayoritas yang besar Angkatan Darat yang selalu setia terhadap Chavez, membuka kemenangan: Chavez sekali lagi menjadi Presiden Republik itu.

47. Menurut pemimpin Bolivarian, kepergian ini untuk mematahkan pepatah: “cinta dengan kelaparantidak akan bertahan” bagi mereka yang datang untuk mendukungnya adalah pada dasarnya massa yang kelaaran. Jadi bagaimana ini bisa dijelaskan? Karena rasa terimakasih terahadap Chavez maka masyarakat memulihkan kebesaran hatinya, dan mereka sekarangmerasa bahwa seseorang mendengarkan mereka, memperhatikan mereka. Mereka tahu bahwa untuk pertama kalinya daam sejarah, mereka memiliki presiden yang merupakan presiden mereka. Mereka paham bahwa jika dia tidak dapat memecahkan persoalan sosial dan ekonomi mereka, ini disebabkan karena oligarki tidak akan membiarkan dia, tidak karena dia tidak basa menjalankannya.
d) Keterwakilan yang tidak lagi mewakili
48. Di semua proses revolusioner, beberapa orang tersesat di jalan, dan perubahan mengambil alih kesadaran mereka baik dari sektor rakyat yang mendukung revolusi dan dari oposisi.

49. Sejarah sudah menunjukkan Lenin tepat ketika dia mengumumkan bahwa pada saat keributan sosial yang mendalam (atau dari cerita sejarah revolusioner), pelaku bermaksud menunjukkan maksud sejati mereka dan rakyat belajar dalam beberapa hari lebih banyak dari yang dapat mereka pelajari sebelumnya melalui buku-buku.

50. Pemberontakan 11 April 2002, membolehkan penduduk untuk mengetahui siapa itu siapa: panglima pemberontakan dalam angkatan bersenjata yang melepaskan topeng mereka; Tujuan Fasis terhadap para politisi yang dalam oposisi, yang menyatakan diri mereka sendiri sebagai kaum demokrat, menjadi sangat jelas. Jadi kesadaran politik masyarakat tetap tumbuh.
51. Tapi ini tidak hanya masyarakat yang telah menjadi lebih sadar dan lebih radikal- kontrarevolusi juga meradikalisasi serangan melawan pemerintah dan para simpatisan bertambah. Kelompok peragu dari sektor tengah—yang biasanya mengikuti dibelakang orang yang mereka yang percayai untuk menjadi yang terkuat, pengaruh besar oleh pemandangan ini terlihat oleh medi besar, yang dipelihara untuk membuat rakyat percaya bahwa oposisi lebih kuat daripada kenyataannya—untuk bergabung dalam barisan oposisi.
52. Sebagai hasilnya, banyak wakil rakyat tidak lagi mewakili pemilih mereka. Banyak sekali dari mereka yang terpilih karena rakyat mengenali mereka sebagai pengikut Chavez, dan sekarang mereka telah kembali padanya! Itu adalah kasus khusus ari Alfredo Peña, Walikota daerah metropolitan.
53. Jadi jika pemerintah menginginkan untuk mengikuti jalan institusional, haruslah melaksanakan semua mekanisme yang diciptakan oleh konstitusi baru, mencabut mandat semua yang tidak lagi mewakili pemilih mereka, dan memilih orang-orang baru. Ada dua kemungkinan jalan: yaitu Pembatalan Referendum, dan amandemen konstitusi untuk pemiliha umum. Pengikut Chavez te;ah memulai proses untuk membatalkan mandat dari beberapa wakil rakyat dari oposisi. Termasuk Alfredo Peña.
54. Ini penting untuk dimengerti bahwa konstitusi baru Venezuela meramalkan empat hal perbedaan referendum: penasehat Referendum, untuk persoalan dalam skala nasional, seperti mengetahui bahwa rakyat setuju dengan privatisasi minyak, atau mereka setuju dengan keanggotaan Venezuela di ALCA; mencabut referendum, diramalkan oleh Konstitusi untuk menyampaikan kepada konsultasi rakyat dimana seorang pegawai tetap mendapatkan posisinya setelah menyelesaikan setidaknya setengah dari mandat; menyetujui referendum, untuk menyampaikan perjanjian internasional, konvensi atau perjanjian untuk persetujuan mereka; dan akhirnya, pembatalan Referendum, untuk menyampaikan kemungkinan menghapuskan undang-undang atau ketetapan Undang-undang.
6. JIKA ATURAN DARI TUJUAN TERSEBUT TIDAK DITERIMA UNTUK MENCABUT MANDAT, AKAN TERJADI ANARKY YANG SEMPURNA: SEMUA KELOMPOK MINORITAS KECEWA DENGAN PETUGAS PEMILIHAN DAPAT MENGUMP[ULKAN TANDA TANGAN UNTUK MEMPERTANYAKAN MANDAT. DAN PUNCAK DARI PENGORBANAN TERSEBUT DAN KEHILANGAN WAKTU SEPERTI INI AKAN BERDAMPAK PADA, TIDAK ADANYA STABILITAS APAPUN DI SEMUA POSISI. MEDIA MASSA MENJADIKAN KONTRA REVOLUSI
55.56. Aturan dijalankan pada April oleh media massa sebagai organiser dari kontra revolusi yang secara nyata bahwa mereka saat ini berbicara tentang pemberontakan media pertama dalam abad ke-21.
56.57. Kecuali untuk satu saluran TV, dengan tenaga tekhnis yang sangat terbatas dan tidak dapat menutupi seluruh negara, dan dua atau tiga stasiun radio yang bersahabat, mayoritas tebesar dari alat terpenting dari komunikasi, yang dikuasai oleh kelompok-kelompok ekonomi yang utama, bertanggungjawab atas lawan pahit dan sistematis dalam administrasi Chavez. Apa yang kita liha di Venezuala bukanlah kebebasan pers, tapi lebih pada kekotoran pers, dimana media digunakan dalam pelanggaran semua etika: mereka mengabaikan sebagian dari tindakan uang diambil pemerintah dan merusak bentuk atau sekedar berbohong biasa tentang semua yang mereka katakan. Mereka menghapuskan semua hiburan dan publisitas mereka, malahan bermain : (a) menit per menit melaporkan tindakan yang dilakukan oleh oposisi; (b) memainkan kesan bahwa mencoba memberikan gagasan bahwa kekuatan oposisi lebih besar dari kenyataannya; (c) memperburuk propaganda melawan rezim yang terpilih secara demokratis; dan (d) orientasi oposisi sebagai sebuah proses, secara terus-menerus memberikan instruksi terhadap apa yang ahrus dilakukan.
57.58. Melihat sikap psif pemerintah, masih menunggu alat hukum yang dapat mengizinkannya bertindak, sektor akyat memutuskan untuk meneruskan serangan, memboikot saluran TV swasta, menolak untuk membeli surat kabar, dan mengancam akan memboikot prodduk-produk yangmencetak propaganda dalam media massa tersebut. Pemilik mereka mengaku di depan publik bahwa penjualan mereka menurun secara signifikan.
58.59. Pemerintah baru-baru ini mengumumkan bahwa tidak akan mengijinkan penggunaan televisi yang tidak etis.
Saluran-saluran tersebut dapat menjadi sepribadi yang mereka inginkan, tapi mereka menggunakan konsesi yang diberikan oleh negara, yang mana mempunyai hak untuk mencabutnya jika mereka tidak menyetujui peraturan itu. Sama halnya dengan kasus kepemilikan mobil, yang menerima kartu ijin pengemudi, yang mana dapat dicabut jika dia tidak menuruti peraturan dan ketetapan lalulintas. Ada investigasi yang sedang berjalan melawan Venevisión, Radio Caracas Televisión, dan Globovisión sebelum memutuskan untuk mencabut konsesi yang diberikan negara terhadap spektrum radio listrik yang mereka gunakan. Perwakilan Nasional mempelajari rekening sebagai tanggung jawab sosial dalam radio dan televisi. Kaum Oposisi sampai sejauh ini mencegah persetujuan karena kurang dalam kuorum. Atau menunjuk 60 orang pembicara untuk setiap artikel tentang rekening, dan sidang kerja telah berjalan selama berbulan-bulan.
59.60. Kami berharap bahwa jika pemerintah mengambil ukuran kasar terhadap media massa tersebut yang mana tidak hanya tidak melaporkan yang pemerintah sebenarnya lakukan tapi misinformasi alam setiap aktivitas, menciptakan dalam keduanya baik anak-anak atau orang dewasa psikosis kolektif dengan apa yang mereka tegaskan sebagai “Gerombolan kaum Chavez”- yang akan menerima bantuan

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home